Sabtu, 31 Maret 2012

Nama-nama penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme asam amino


GANGGUAN METABOLISME


Metabolisme merupakan kegiatan terpenting dalam tubuh, Metabolisme terjadi pada saat menit pertama makanan masuk ke perut dan pencernaan dimulai. Enzim yang dilepaskan oleh pankreas dan kelenjar tiroid membantu dalam pemecahan makanan yang dicerna menjadi zat lebih sederhana. Zat-zat sederhana diserap oleh sel-sel tubuh dan membantu dalam pelepasan energi dan melaksanakan proses lain dalam tubuh, seperti penyembuhan luka, pengaturan suhu tubuh, pembentukan sel-sel baru, membuang racun dari tubuh, dan sebagainya.

Namun ada saatnya proses metabolisme menjadi terganggu, gangguan metabolisme bisa saja terjadi karena kelainan genetik atau penyakit. Gangguan metabolisme karena kelainan genetik sangatlah langka hanya terjadi pada 1 dari sekitar 1000-2500. Bila gangguan metabolisme terjadi, maka fungsi normal tubuh juga akan terganggu dan menyebabkan masalah kesehatan.
Ada berbagai jenis gangguan metabolisme, kita akan membahasnya. Berikut daftar gangguan metabolik.


Nama penyakit
Gangguan
1.      Glisinuria
2.      Hiperoksaluria primer
Glisin
3.      Feniketonuria
Fenilalanin
4.      Tirosinosis
5.      Tirosinemia
6.      Alkaptonuria

Tirosin
7.      Histidinemia
8.      Imadozol-aminoaciduria
Histidin
9.      Prolinemia
10.  Hidroksiprolinemia
Prolin, hip
11.  Hiperlisinemia,
12.  Hiperlisinemia persisten
Lisin
13.  Sistinuria
14.  Sistinosis
15.  Homosistinuria

Sistin, metionin
16.  Hipervalinemia
17.  Maple syrup urine disease
18.  Intermittent branched chain ketonuria
19.  Isovale ricacidemia


Leusin, valin, isoleusin
20.  Hartnup’s disease
Triptofan


       1. GLISINURIA
Glisin adalah Asam amino nonesensial terjadi sebagai konstituen dari protein dan berfungsi sebagai  neurotransmitter inhibisi dalam sistem saraf pusat; Disebut juga asam aminoacetic, digunakan sebagai antasida lambung dan suplemen makanan, dan sebagai sebuah irigasi kandung kemih pada prostatektomi transurethral. Suatu asam amino nonesensial berasal dari hidrolisis basa gelatin dan digunakan sebagai suplemen nutrisi dan makanan, juga digunakan dalam penelitian biokimia dan dalam pengobatan myopathies tertentu. Asam amino nonesensial digunakan sebagai tambahan terhadap terapi untuk skizofrenia. Hal ini juga dapat meningkatkan daya ingat, memiliki pelindung ginjal hepatoprotektif,, dan efek antitumor, dan bermanfaat bagi mereka dengan 3-phosphoglycerate kekurangan dehidrogenase dan anemia isovaleric. Kelebihan kandungan glisin dalam tubuh dapat menyebabkan hiperglisin. Hal ini dapat terjadi pada semua kalangan dan tingkatan usia. Sedangkan glisinuria adalah suatu keadaan di  mana tingkat abnormal tinggi dari glisin dalam urin. Sebuah aminoaciduria terdiri dari glisin yang berlebihan dalam urin.


      2. HIPEROKSALURIA PRIMER
Asam oksalat (H2C2O4) [Oksal'ik]
Anggota dari keluarga asam dibasic ditemukan pada tumbuhan yang umum, seperti soba, warna coklat kemerahan kayu, dan rhubarb. Ini adalah reagen penting dan digunakan dalam pemutihan dan pengeringan. Beracun jika tertelan, namun asam ini dapat dinetralkan dengan pemberian kalsium dengan baik oral atau rute intravena. Asam oksalat digunakan dalam kedokteran hewan sebagai hemostatika. Dalam asupan makanan makanan yang mengandung asam oksalat, zat berikatan dengan kalsium dan kadang-kadang ditemukan dalam batu ginjal dan urin pasien dengan hyperoxaluria. Juga disebut asam ethanedioic.
Hiperoksaluria primer adalah tingginya kandungan asam oksalat dalam urin. Asam oksalat atau oksalat, terutama kalsium oksalat, dalam urin. Penyebabnya biasanya kekurangan diwariskan dari enzim yang dibutuhkan untuk metabolisme asam oksalat, yang terdapat banyak di buahan dan sayuran, atau gangguan penyerapan lemak di usus kecil. Kelebihan oksalat dapat menyebabkan pembentukan ginjal kalkuli dan gagal ginjal. Perawatan termasuk piridoksin, cairan paksa, dan diet rendah oksalat.


      3. FENILKETONURIA
Definisi
Fenilketonuria (PKU) dapat didefinisikan sebagai gangguan metabolik langka yang disebabkan oleh kekurangan produksi hepatik (hati) enzim fenilalanin hidroksilase (PAH). PKU adalah bentuk paling serius dari kelas penyakit disebut sebagai "hyperphenylalaninemia," melibatkan semua yang di atas normal (tinggi) tingkat fenilalanin dalam darah. Gejala utama PKU yang tidak diobati dapat menyebabkan keterbelakangan mental, adalah hasil dari mengkonsumsi makanan yang mengandung fenilalanin asam amino,yang merupakan racun bagi jaringan otak. PKU adalah gangguan, mewarisi resesif autosomal. Ini adalah penyakit genetik yang paling umum melibatkan "metabolisme asam amino." PKU tidak dapat disembuhkan, tapi  pengobatan dini yang efektif dapat mencegah perkembangan ketidakmampuan mental yang serius.
Deskripsi
PKU adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidak mampuan hati untuk menghasilkan suatu jenis enzim PAH. Enzim ini mengubah (memetabolisme) asam amino yang disebut fenilalanin menjadi asam amino lain, tirosin. Ini adalah satu-satunya peran dari PAH dalam tubuh. Kurangnya hasil PAH dalam penumpukan abnormal konsentrasi fenilalanin tinggi (atau tingkat) dalam darah dan otak. Di atas tingkat normal fenilalanin beracun bagi sel-sel yang membentuk sistem saraf dan menyebabkan kelainan permanen pada struktur otak dan fungsi pada pasien PKU. Fenilalanin adalah jenis teratogen. Teratogen adalah zat atau organisme yang dapat menyebabkan cacat lahir pada janin yang sedang berkembang.
Hati adalah kepala protein tubuh pusat pengolahan. Protein adalah salah satu nutrisi makanan utama. Mereka umumnya molekul yang sangat besar terdiri dari rangkaian blok bangunan yang lebih kecil atau molekul yang disebut asam amino. Sekitar dua puluh asam amino ada di alam. Tubuh memecah protein dari makanan menjadi asam amino individu dan kemudian reassembles mereka menjadi "manusia" protein. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan, dan merupakan komponen kunci dari enzim, antibodi, dan zat penting lainnya.
PKU mempengaruhi pada sistem saraf manusia Luasnya jaringan saraf di otak dan seluruh sistem saraf terdiri dari sel saraf. Sel saraf memiliki ekstensi khusus yang disebut dendrit dan akson. Merangsang sel saraf memicu impuls saraf, atau sinyal, kecepatan yang turun akson. Impuls saraf kemudian merangsang akhir dari sebuah akson untuk melepaskan zat kimia yang disebut "neurotransmitter" yang menyebar dan berkomunikasi dengan dendrit sel saraf tetangga.
Banyak sel saraf memiliki panjang seperti kawat akson yang ditutupi oleh lapisan isolator yang disebut selubung mielin. Penutup ini membantu kecepatan impuls saraf sepanjang akson. Pada pasien PKU tidak diobati, tingkat fenilalanin abnormal tinggi di dalam darah dan otak dapat menghasilkan sel-sel saraf dengan "cacat" akson dan dendrit, dan menyebabkan ketidaksempurnaan dalam selubung mielin disebut sebagai hypomyelination dan demylenation. Ini hilangnya mielin dapat "pendek sirkuit" impuls saraf (pesan) dan komunikasi sel interrupt.
Sejumlah studi scan otak juga menunjukkan degenerasi dari "materi putih" dalam otak pasien yang lebih tua yang belum dipelihara kontrol diet yang cukup.
PKU juga dapat mempengaruhi produksi salah satu neurotransmiter utama di otak, yang disebut dopamin. Otak membuat dopamin dari tirosin asam amino. PKU pasien yang tidak mengkonsumsi cukup tirosin dalam diet mereka tidak dapat menghasilkan jumlah yang cukup dopamin. Tingkat dopamin rendah di otak mengganggu komunikasi normal antara sel-sel saraf, yang menghasilkan gangguan (mental) fungsi kognitif.
Beberapa penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa sel-sel saraf pasien PKU juga mengalami kesulitan menyerap tirosin. Kelainan ini dapat menjelaskan mengapa banyak pasien PKU yang menerima tirosin diet yang cukup masih mengalami beberapa bentuk ketidakmampuan belajar.

      4. TIROSINOSIS
Etimologi: Tyros + osis = kondisi
Tirosin adalah suatu kondisi langka akibat cacat dalam metabolisme asam amino dan ditransmisikan sebagai sifat autosom-resesif. Hal ini ditandai dengan ekskresi jumlah berlebihan asam parahydroxyphenylpyruvic, produk setengah dari tirosin, dalam urin. Tidak ada pengobatan yang dikenal. Sedangkan Tirosinosis adalah sebuah gangguan, langka mungkin mewarisi metabolisme tirosin ditandai dengan ekskresi urin yang disempurnakan metabolit tertentu pada konsumsi tirosin. Atau kelainan kongenital dengan terjadinya kesalahan metabolisme sehingga fenilalanin tidak dapat direduksi menjadi tirosin. Pada kelainan ini dapat terjadi gagal hati.

      5. TIROSINEMIA
Tirosinemia adalah sebuah aminoacidopathy metabolisme tirosin dengan darah tinggi tingkat ekskresi tirosin dan urin metabolit tirosin dan terkait. Tipe I menunjukkan penghambatan beberapa enzim hati dan fungsi tubulus ginjal. Tipe II ditandai dengan kristalisasi dari tirosin terakumulasi dalam epidermis dan kornea dan sering disertai dengan keterbelakangan mental. Tirosinemia neonatal adalah tanpa gejala, sementara, dan dapat mengakibatkan retardasi mental ringan. Jenis keempat adalah hawkinsinuria.
Kelainan bawaan metabolisme tirosin ditandai oleh peningkatan konsentrasi tirosin dalam darah, peningkatan ekskresi senyawa tirosin dan terkait, hepatosplenomegali, sirosis nodular hati, ginjal beberapa cacat reabsorpsi tubular, dan D-tahan vitamin rakhitis.
1.    Kondisi, jinak transien, bayi baru lahir terutama prematur, di mana jumlah yang berlebihan dari asam amino tirosin ditemukan dalam darah dan urin. Kelainan ini disebabkan oleh anomali dalam metabolisme asam amino, pengembangan biasanya ditunda dari enzim yang diperlukan untuk metabolisme tirosin, dan dikendalikan dengan tindakan diet dan terapi vitamin C. Cacat metabolik menghilang dengan pengobatan, atau mungkin menghilang secara spontan. Juga disebut tyrosinemia neonatal.
2.   Gangguan menurun melibatkan kesalahan metabolisme bawaan dari tirosin asam amino. Kondisi, yang ditularkan sebagai sifat autosom-resesif, disebabkan oleh kekurangan enzim dan hasil dalam gagal hati atau sirosis hati, cacat tubulus ginjal yang dapat menyebabkan rakhitis ginjal dan ginjal glikosuria, aminoaciduria umum, dan keterbelakangan mental. Pengobatan terdiri dari diet rendah prognosis tirosin dan fenilalanin dan tinggi akan vitamin C. Pada kasus yang berat sangat miskin, dan transplantasi hati mungkin menjadi ukuran menyelamatkan nyawa saja. Juga disebut tyrosinemia keturunan. 


            6.ALKAPTONURIA
Alkaptonuria adalah sebuah aminoacidopathy resesif autosomal dengan akumulasi asam homogentisat dalam urin (menyebabkan urin menjadi lebih gelap pada berdiri), ochronosis, dan arthritis. Serta Kelainan bawaan yang mempengaruhi metabolisme fenilalanin dan tirosin dan menyebabkan ekskresi asam homogentisat dalam urin. Juga disebut homogentisuria. Ditandai dengan ekskresi sejumlah besar asam homogentisat dalam urin, yang merupakan hasil metabolisme yang tidak lengkap dari asam amino tirosin dan phenylal. Kehadiran asam ditandai dengan penggelapan urin bila terkena udara atau dengan perubahan warna coklat atau biru telinga atau mata. Indikasi lain dibatasi mobilitas sendi, batu ginjal, dan hipertensi pembuluh darah.

Penderita alkaptonuria biasanya juga mengalami radang sendi, terutama di tulang belakang.
Gejala
Urin berwarna gelap jika terkena udara bebas.  Demikian pula dengan kulit dan di sekitar kelenjar keringat yang berwarna coklat tua.
Perawatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini. Para medis biasanya memberikan tirosin dan asam askorbat dosis tinggi.

      7. HISTIDINEMIA
Adalah Sebuah gangguan herediter yang ditandai oleh ketinggian tingkat histidin dalam ekskresi, darah dari histidin dalam urin akibat aktivitas histidase yang kurang, enzim yang mengubah histidin menjadi asam urocanic di hati dan kulit. Dan sering diwujudkan secara klinis oleh retardasi mental ringan. Atau gangguan metabolisme bawaan disebabkan oleh cacat enzim yang melibatkan L-histidin lyase amonia dan mempengaruhi asam amino histidin. Kondisi ini menyebabkan gangguan sistem keterbelakangan mental dan gugup. Hal ini dikendalikan oleh diet yang membatasi asupan histidin.

      8. IMIDAZOL-AMINOACIDURIA
Sebuah gangguan metabolisme protein dalam yang jumlah yang berlebihan dari asam amino dikeluarkan dalam urin. Juga disebut acidaminuria (kelebihan asam amino dalam urin). Dapat diketahui melalui tes laboratorium. Disebutkan dalam: Gangguan  Amino Acid Skrining, Penyakit Hartnup. Atau dapat juga terjadi pada sindrom Fanconi, penyakit ginjal familial elkhounds Norwegia dan anjing Basenji, dan sebagai faktor predisposisi dalam pengembangan uroliths sistin.

      9. PROLINEMIA
Prolin / pro · baris / (Pro) (P) (pro'lēn) siklik, adalah Asam amino yang ditemukan dalam kebanyakan protein dan merupakan konstituen/unsur utama kolagen. Jadi prolinemia jika dilihat dari etimologis adalah suatu keadaan dimana dalam darah tidak ditemukan adanya asam amino yang membentuk protein atau kekurangan prolin dalam cairan tubuh. Jika kandungan prolin dalam tubuh meningkat maka akan disebut hiperprolinemia yaitu sebuah aminoacidopathy autosom-resesif ditandai oleh kelebihan prolin dalam cairan tubuh dan terjadi sebagai dua jenis, I dan II, masing-masing disebabkan oleh kekurangan enzim yang terlibat dalam metabolisme prolin. Tipe 1 berhubungan dengan penyakit ginjal dan tipe 2 dengan keterbelakangan mental dan kejang.

      10. HIDROKSIPROLINEMIA
    Adalah suatu gangguan metabolisme yang diwariskan. Atau sebuah aminoacidopathy resesif autosomal dan ditandai dengan konsentrasi tinggi hydroxyproline dalam plasma dan urin. Ada beberapa penyebab (etiologi):
1.        Kelebihan hydroxyproline dalam darah.
2.      Gangguan metabolisme asam amino dicirikan oleh kelebihan hydroxyproline bebas dalam plasma dan urin, karena adanya cacat dalam oksidase hydroxyproline enzim, tetapi mungkin berhubungan dengan keterbelakangan mental.

      11.  HIPERLISINEMIA
Hyperlysinemia merupakan kondisi yang diwariskan ditandai dengan darah tinggi. Tingkat asam amino lisin, sebuah blok pembangun protein. Hyperlysinemia disebabkan oleh kekurangan (defisiensi) dari enzim yang memecah lisin. Hyperlysinemia biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan, dan kebanyakan orang dengan kadar lisin tinggi tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi ini. Jarang, orang dengan hyperlysinemia memiliki cacat intelektual atau masalah perilaku. Tidak jelas apakah masalah ini karena hyperlysinemia atau penyebab lain. Insiden hyperlysinemia tidak diketahui.
Mutasi pada gen penyebab hyperlysinemia AASS. Gen AASS menyediakan instruksi untuk membuat enzim yang disebut sintase aminoadipic semialdehyde. Enzim ini melakukan dua fungsi dalam pemecahan lisin. Pertama, enzim memecah lisin untuk molekul yang disebut saccharopine. Hal ini kemudian merusak saccharopine ke molekul yang disebut alpha-aminoadipate semialdehyde.
Mutasi pada gen AASS yang merusak pemecahan hasil lisin dalam peningkatan kadar lisin dalam darah dan urin. Ini peningkatan kadar lisin tampaknya tidak memiliki efek negatif pada tubuh.
Bila mutasi pada gen AASS mengganggu pemecahan saccharopine, molekul ini menumpuk dalam darah dan urin. Penumpukan ini kadang-kadang disebut sebagai saccharopinuria, yang dianggap sebagai varian dari hyperlysinemia. Tidak jelas apakah saccharopinuria menyebabkan gejala apapun.
Bagaimana orang mewarisi hyperlysinemia?
Kondisi ini diwariskan dalam pola autosom resesif, yang berarti kedua salinan dari gen dalam sel masing-masing memiliki mutasi. Orang tua dari seorang individu dengan kondisi resesif autosomal masing-masing membawa satu salinan gen bermutasi, tetapi mereka biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda dan gejala kondisi.
      
     12.  HIPERLISINEMIA PERSISTEN
Adalah sebuah gangguan genetik langka di mana tubuh kekurangan enzim (lisin ketoglutarat dehidrogenase reduktase dan saccharopine) untuk memetabolisme lisin yang kemudian menyebabkan bahaya up lisin dalam darah dan urin dan saccharopins dalam urin. Beberapa pasien tidak menunjukkan gejala sementara yang lain memiliki gejala berat. Dan hal ini bersifat tetap (persistent).
     
     13.  SISTINURIA
Definisi
Sistinuria adalah suatu penyakit yang jarang terjadi, yang menyebabkan dikeluarkannya asam amino sistin ke dalam air kemih dan seringkali menyebabkan pembentukan batu sistin di dalam saluran kemih.
Penyebab
Penyebab sistinuria adalah kelainan pada tubulus renalis yang diturunkan.
Gen penyebab sistinuria bersifat resesif, karena itu untuk terjadinya penyakit ini seseorang harus mendapatkan 2 gen yang abnormal, masing-masing dari kedua orangtuanya.
Seseorang yang membawa gen ini tetapi tidak menderita sistinuria, berarti dia memiliki 1 gen yang normal dan 1 gen yang abnormal. Dia bisa mengeluarkan sistin dalam jumlah yang lebih besar dari normal ke dalam air kemih, tetapi jarang sampai membentuk batu sistin.
Gejala
Batu sistin bisa terbentuk di dalam kandung kemih, pelvis renalis (daerah tempat pengumpulan dan pengaliran air kemih di ginjal) atau ureter (saluran panjang yang mengalirkan air kemih dari ginjal ke dalam kandung kemih). 
Gejala biasanya mulai timbul pada usia 10-30 tahun.
Gejala awal biasanya berupa nyeri hebat akibat kejang pada ureter karena batu tersangkut.
Penyumbatan saluran kemih oleh batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan gagal ginjal.
Diagnosa
Urinalisis (analisa air kemih) menunjukkan adanya endapan dan kristal sistin.  CT scan, MRI dan USG perut bisa menunjukkan adanya batu di dalam saluran kemih.
Pengobatan
Pengobatannya adalah mencegah pembentukan batu sistin dengan cara memperkecil konsentrasi sistin di dalam air kemih. Penderita diharuskan untuk minum banyak air putih.  Membuat suasana basa dalam air kemih dengan mengkonsumsi natrium bikarbonat atau asetazolamide, karena sistin lebih mudah dilakurkan dalam suasana basa.
Jika tindakan diatas tidak efektif, maka diberikan obat penisilamin. Penisilamin bereaksi dengan sistin dan melarutkannya.
Efek samping dari penisilamin adalah demam, ruam kulit atau nyeri sendi. Untuk mengatasi kolik ureter (nyeri akibat batu yang tersangkut di ureter) bisa diberikan obat pereda nyeri.  Biasanya batu akan keluar secara spontan. Jika hal ini tidak terjadi, maka dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan batu. Selain pembedahan bisa dilakukan litotripsi, yaitu pemecahan batu dengan gelombang ultrasonik atau gelombang kejut sehingga batu lebih mudah dibuang melalui air kemih atau diangkat melalui endoskopi.

      14.  SISTINOSIS
Definisi
Cystinosis adalah penyakit penyimpanan lisosomal ditandai oleh akumulasi abnormal dari asam amino sistin. Ini adalah gangguan genetik yang biasanya mengikuti pola pewarisan autosom resesif. Cystinosis adalah penyebab paling umum dari sindrom Fanconi pada kelompok usia anak. Fanconi sindrom terjadi ketika fungsi sel-sel dalam tubulus ginjal terganggu, yang menyebabkan jumlah abnormal karbohidrat dan asam amino dalam urin, buang air kecil yang berlebihan, dan tingkat darah rendah kalium dan fosfat.
Diagnosa
Cystinosis adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan akumulasi dari asam amino sistin dalam sel, membentuk kristal yang dapat membangun dan merusak sel. Kristal-kristal negatif mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh, terutama ginjal dan mata.
Akumulasi ini disebabkan oleh transportasi abnormal sistin dari lisosom, menghasilkan akumulasi intra-lisosomal sistin besar dalam jaringan. Melalui mekanisme yang belum diketahui, sistin lisosomal muncul untuk memperkuat dan mengubah apoptosis sedemikian rupa sehingga sel-sel mati tidak tepat, yang menyebabkan hilangnya sel epitel ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal Fanconi sindrom, dan kerugian dalam jaringan lain yang serupa dapat menjelaskan perawakan pendek, retinopati, dan fitur lainnya dari penyakit. Diagnosis definitif dan pemantauan pengobatan yang paling sering dilakukan melalui pengukuran sel darah putih tingkat sistin menggunakan spektrometri massa tandem.
     
      15.  HOMOSISTINURIA
Homocystinuria adalah kelainan bawaan di mana tubuh tidak mampu untuk memproses blok bangunan tertentu dari protein (asam amino) dengan benar. Ada berbagai bentuk homocystinuria, yang dibedakan oleh tanda-tanda dan gejala dan penyebab genetik. Bentuk yang paling umum dari homocystinuria ditandai dengan rabun jauh (miopia), dislokasi lensa di bagian depan mata, peningkatan risiko pembekuan darah yang abnormal, dan tulang rapuh yang rentan terhadap fraktur (osteoporosis) atau kelainan tulang lainnya. Beberapa individu yang terkena juga memiliki keterlambatan perkembangan dan masalah belajar. Bentuk yang lebih jarang dari homocystinuria dapat menyebabkan cacat kegagalan, intelektual untuk tumbuh dan berat badan pada tingkat yang diharapkan (gagal tumbuh), kejang, masalah dengan gerakan, dan gangguan darah yang disebut anemia megaloblastik. Anemia megaloblastik terjadi ketika seseorang memiliki rendahnya jumlah sel darah merah (anemia), dan sel-sel darah merah yang tersisa lebih besar dari normal (megaloblastik).
Tanda-tanda dan gejala homocystinuria biasanya berkembang dalam tahun pertama kehidupan, meskipun beberapa orang dengan bentuk ringan dari penyakit ini mungkin tidak mengembangkan fitur sampai nanti di masa kanak-kanak atau dewasa.
Bentuk yang paling umum dari homocystinuria mempengaruhi setidaknya 1 dalam 200.000 sampai 335.000 orang di seluruh dunia. Kelainan ini tampaknya lebih umum di beberapa negara, seperti Irlandia (1 dalam 65.000), Jerman (1 dalam 17.800), Norwegia (1 dalam 6.400), dan Qatar (1 dalam 1.800). Bentuk langka dari homocystinuria masing-masing memiliki sejumlah kecil kasus yang dilaporkan dalam literatur ilmiah.
Mutasi pada CBS, MTHFR, MTR, mtrr, dan gen MMADHC menyebabkan homocystinuria. Mutasi pada gen CBS menyebabkan bentuk paling umum dari homocystinuria. Gen CBS menyediakan instruksi untuk memproduksi enzim yang disebut cystathionine beta-sintase. Enzim ini bertindak dalam jalur kimia dan bertanggung jawab untuk mengubah asam amino homocysteine ​​untuk molekul yang disebut cystathionine. Sebagai hasil dari jalur ini, asam amino lainnya, termasuk metionin, diproduksi. Mutasi pada gen CBS mengganggu fungsi cystathionine beta-sintase, mencegah homosistein dari yang digunakan dengan benar. Akibatnya, asam amino dan zat beracun produk samping membangun dalam darah. Beberapa kelebihan homosistein diekskresikan dalam urin.
Jarang, homocystinuria dapat disebabkan oleh mutasi pada gen lainnya. Enzim-enzim yang dibuat oleh MTHFR, MTR, mtrr, dan gen MMADHC memainkan peran dalam mengkonversi homosistein untuk metionin. Mutasi pada salah satu gen mencegah enzim dari berfungsi dengan baik, yang mengarah ke penumpukan homosistein dalam tubuh. Para peneliti belum menentukan bagaimana kelebihan homosistein dan senyawa terkait mengarah pada tanda dan gejala homocystinuria.
Kondisi ini diwariskan dalam pola autosom resesif, yang berarti kedua salinan dari gen dalam sel masing-masing memiliki mutasi. Paling sering, orang tua dari seorang individu dengan kondisi resesif autosomal masing-masing membawa satu salinan gen bermutasi, tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda dan gejala kondisi.

Meskipun orang yang membawa satu salinan bermutasi dan satu salinan normal dari gen CBS tidak memiliki homocystinuria, mereka lebih mungkin dibandingkan orang tanpa mutasi CBS memiliki kekurangan (defisiensi) vitamin B12 dan asam folat.

      16.  HIPERVALINEMIA
Hipervalinemia adalah Sebuah konsentrasi abnormal tinggi dari valin dalam darah, seperti pada penyakit urin sirup maple. Ada beberapa definisi tentang hipervalinemia, yaitu:
1.     Sebuah aminoacidopathy autosom-resesif, mungkin disebabkan oleh cacat dalam sebuah enzim yang diperlukan untuk katabolisme valin, ditandai dengan peningkatan kadar valin dalam plasma dan urin dan dengan gagal tumbuh.
2.      Peningkatan kadar dari valin dalam plasma. Hypervalinemia sering dikaitkan dengan penyakit kencing gula maple. Juga disebut valinemia.
Para hipervalinemia, juga disebut valinemia adalah penyakit metabolik yang sangat jarang. Metabolik memblokir ketoaciduria rantai bercabang secara bersamaan mempengaruhi tiga asam amino, menunjukkan adanya cacat katabolik dalam mekanisme umum.
Hal ini ditandai dengan peningkatan kadar dalam darah dan urin dari asam amino yang disebut valin karena kekurangan enzim, valin transaminase, yang diperlukan untuk metabolisme (pemecahan) dari valin. Metabolit yang menumpuk semua asam organik, yang menumpuk dalam cairan tubuh dan diekskresikan dalam urin. Ini menghasilkan asidosis (keadaan metabolik di mana ada jumlah abnormal badan keton) metabolisme, yang dapat menjadi parah selama hari-hari pertama kehidupan.

      17.  MAPLE SYRUP URINE DISEASE
Maple syrup urine disease (MSUD), juga disebut rantai cabang ketoaciduria, adalah autosomal resesif.
1.   Gangguan metabolisme yang mempengaruhi rantai cabang asam amino. Ini adalah salah satu jenis asidemia organik.
 2.   Kondisi ini mendapatkan namanya dari bau manis khas dari air seni bayi yang terkena dampak. 
Diagnosis dan gejala
MSUD disebabkan oleh kekurangan yang bercabang-rantai alfa-keto yang kompleks dehidrogenase asam (BCKDC), yang mengarah ke penumpukan dari rantai cabang asam amino (leucine, isoleucine, dan valine) dan beracun juga produk dalam darah dan urin.
Penyakit ini ditandai pada bayi dengan kehadiran harum air seni, dengan bau yang mirip dengan sirup maple. Bayi dengan penyakit ini tampak sehat pada waktu lahir tetapi jika tidak diobati menderita kerusakan otak parah dan akhirnya mati.
Dari awal masa bayi, gejala kondisi termasuk sulit makan, muntah, dehidrasi, letargi, hipotonia, kejang, hipoglikemia, ketoasidosis, opisthotonus, pankreatitis, koma dan penurunan neurologis.
Klasifikasi
Maple sirup adalah penyakit kencing dapat diklasifikasikan dengan polanya tanda dan gejala, atau dengan penyebab genetik. Bentuk yang paling umum dan parah dari penyakit adalah jenis klasik, yang muncul segera setelah lahir. Varian bentuk gangguan tersebut mungkin muncul kemudian pada masa bayi atau masa kanak-kanak dan biasanya kurang parah, tapi masih melibatkan masalah mental dan fisik jika tidak diobati.
Ada beberapa variasi dari penyakit:
1.      Klasik parah MSUD
2.      Menengah MSUD
3.       Intermiten MSUD
4.      Thiamine-responsif MSUD
5.      E3-Kekurangan MSUD dengan Asidosis laktat
Manajemen
Menjaga MSUD bawah kontrol memerlukan pemantauan yang cermat kimia darah dan melibatkan kedua diet khusus dan pengujian sering. Diet dengan tingkat minimal dari asam amino leusin, isoleusin, dan valin harus dijaga untuk mencegah kerusakan neurologis. Seperti tiga asam amino yang diperlukan untuk fungsi metabolisme yang tepat pada semua orang, persiapan protein khusus yang mengandung pengganti dan tingkat disesuaikan asam amino telah disintesis dan diuji, memungkinkan pasien MSUD untuk memenuhi kebutuhan gizi normal tanpa menyebabkan kerusakan.
Biasanya, pasien juga dipantau oleh ahli gizi. Makanan mereka harus ditaati secara ketat dan permanen. Namun, dengan pengelolaan yang baik, mereka yang menderita dapat hidup sehat, hidup normal dan tidak menderita kerusakan neurologis berat yang berhubungan dengan penyakit.

      18.  INTERMITTENT BRANCHED CHAIN KETONURIA
Intermiten Branched-Chain ketonuria - Varian dari penyakit Urin Sirup Maple. Penyakit Urin Sirup Maple (rantai cabang ketonuria) adalah kelainan genetik dengan biokimia didefinisikan dengan cacat.
1.      Gejala anoreksia, muntah, kejang-kejang dan kadang-kadang hipertonisitas muncul selama minggu pertama kehidupan. Fitur klinis diagnostik adalah bau maple-sirup untuk urin. Kematian dini sering terjadi. Jika pasien bertahan, dan tidak diobati dengan diet yang sesuai, kerusakan neurologis yang parah dan permanen cepat terjadi. Cacat mendasar, dengan mudah dibuktikan dalam leukosit perifer.
2.      Adalah ketidakmampuan untuk memetabolisme rantai cabang asam keton. Akibatnya, asam keton dan asam amino masing-masing. Leusin, isoleusin, dan valin - yang ditinggikan.

      19.  ISOVALERIC ACIDEMIA
Asidemia isovaleric, juga disebut aciduria isovaleric atau isovaleric acidemia (IVA). Yaitu kekurangan asam KoA yang mengalami dehidrogenase, adalah resesif autosomal yang jarang. Gangguan metabolisme yang mengganggu atau mencegah metabolisme normal dari leusin asam amino rantai cabang. Ini adalah jenis klasik asidemia organik. 
Gejala
Sebuah fitur karakteristik asidemia isovaleric adalah bau khas dari kaki berkeringat. Bau ini disebabkan oleh penumpukan senyawa yang disebut asam isovaleric pada individu yang terkena. Di sekitar setengah dari kasus, tanda-tanda dan gejala gangguan ini menjadi jelas dalam beberapa hari setelah lahir dan termasuk makan buruk, muntah, kejang, dan kekurangan energi yang dapat berkembang menjadi koma. Masalah-masalah medis biasanya parah dan dapat mengancam jiwa.
Di babak lain dari kasus, tanda-tanda dan gejala gangguan tersebut muncul selama masa kanak-kanak dan dapat datang dan pergi dari waktu ke waktu. Mereka sering dipicu oleh infeksi atau dengan memakan jumlah yang meningkat dari makanan kaya protein.
Diagnosis
Air seni bayi yang baru lahir dapat disaring untuk asidemia isovaleric menggunakan spektrometri massa, yang memungkinkan untuk diagnosis dini. Ketinggian isovalerylglycine dalam urin dan isovalerylcarnitine dalam plasma ditemukan.
Genetika
Isovaleric asidemia memiliki pola resesif autosomal dari warisan. Kelainan ini memiliki pola pewarisan autosom resesif, yang berarti gen yang rusak terletak di autosom, dan dua salinan gen - satu dari setiap orangtua - harus diwariskan akan terpengaruh oleh gangguan ini. Orang tua dari anak dengan gangguan resesif autosomal adalah pembawa satu salinan gen yang rusak, tapi biasanya tidak terpengaruh oleh gangguan ini. Mutasi pada kedua salinan hasil gen IVD di asidemia isovaleric.

      20.  HARTNUP’S DISEASE
Etimologi: Hartnup, nama keluarga pasien pertama kali didiagnosis di Inggris, 1956
Yaitu gangguan autosomal resesif-metabolik langka genetik yang ditandai oleh pellagra seperti luka kulit, ataksia serebelar sementara, dan hyperaminoaciduria. Hal ini disebabkan oleh cacat dalam penyerapan usus dan reabsorpsi ginjal asam amino netral. Degradasi bakteri asam amino tidak diserap dalam usus menyebabkan penyerapan dari produk pecahan dan penampilan mereka dalam urin; tidak tersedianya triptofan menyebabkan kekurangan niasin, vitamin antipellagra.
Gejala umum penyakit ini kering, bersisik, baik dibatasi lesi kulit, glositis, stomatitis, diare; masalah kejiwaan, dan fotosensitifitas jelas. Paparan singkat sinar matahari dapat menyebabkan eritema, edema, dan vesiculation. Pengobatan terdiri dari nikotinamida lisan, diet protein tinggi yang mengandung protein terdiri dari peptida kecil lebih mudah diserap, dan menghindari paparan sinar matahari.

6 komentar:

  1. terima kasih infonya...
    ngebantu buat ngerjain tugas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terimakasih juga ya sudah mampir ke blog saya :)
      salam kenal.

      Hapus
  2. terima kasih artikelnya :)
    sumbernya dari mana ya mas?

    BalasHapus
  3. Sumbernya dari mana yah?

    BalasHapus
  4. many thanks....bro,:)

    BalasHapus
  5. Slots, Bars, Restaurants Near me - MapYRO
    Find Casino Bars Near you 아산 출장샵 on MapYRO, 동두천 출장마사지 the 춘천 출장샵 world's best spot 대구광역 출장마사지 for entertainment! Find your perfect spot to place your business 안성 출장마사지 order at any of MapYRO's

    BalasHapus